7 Cara Menghemat BATERAI Ponsel



Ketika kehidupan sosial bergantung pada ponsel pintar, satu hal yang sangat tidak Anda inginkan adalah ponsel Anda kehabisan baterai. Ini dia beberapa cara untuk menghemat baterai ponsel Anda.
1. Tutup aplikasi yang tidak dipakai
Pastikan Anda selalu menutup semua aplikasi yang telah Anda gunakan. Jika hanya meninggalkannya begitu saja tanpa menutupnya dan langsung berpindah ke aplikasi lain, Anda akan menghabiskan baterai ponsel Anda, karena aplikasi yang Anda buka itu terus berjalan. Jadi, setelah membuka Facebook untuk melihat notifikasi, pastikan Anda menekan ‘close’ atau ‘exit’ untuk menutup aplikasi.



2. Turunkan tingkat kecerahan layar
Tingkat kecerahan layar sebaiknya diturunkan, ketika Anda hampir kehabisan baterai. Pasalnya, seberapa terang cahaya yang keluar dari ponsel pintar Anda inilah yang cukup menghabiskan baterai Anda. Kurangi sedikit kecerahan layar Anda, untuk menghemat baterai.
3. Pakai aplikasi daya tahan baterai
Kini ada beberapa aplikasi gratis untuk Apple dan Android yang bisa membantu Anda memperpanjang daya tahan baterai. Salah satu contoh dari aplikasi tersebut adalah Carat. Aplikasi ini meneliti bagaimana Anda menggunakan ponsel pintar Anda, dan membuat saran sesuai dengan kebiasaan penggunaan Anda, dan mencari tahu aplikasi apa dalam ponsel pintar Anda yang sangat menguras baterai dan mungkin bisa Anda hapus.
4. Matikan aplikasi yang berdasarkan lokasi
Aplikasi yang menggunakan geo-tagging atau pelacakan tempat, atau lokasi ini juga memakan banyak energi baterai Anda. Jadi, pastikan Anda mematikan aplikasi peta Anda, atau mematikan pilihan geo-tagging pada aplikasi Twitter dan Facebook Anda.
5. Alihkan ke 2G
Pencarian jaringan adalah hal lain yang juga sering kali menguras baterai ponsel Anda. Jadi, jika Anda tidak membutuhkan koneksi internet, segera matikan koneksi internet Anda dan ubah ke GSM. Tapi, jika Anda masih membutuhkan koneksi internet, Anda bisa mengubahnya ke 2G saja. Ini dikarenakan pencarian jaringan dari 2G ke 3G atau 4G, membuat ponsel Anda bekerja lebih berat dan memakan energi lebih banyak.
6. Non-aktifkan nada getar
Nada getar atau vibrate menguras baterai ponsel Anda. Jadi, pastikan Anda hanya menggunakan nada dering sebagai notifikasi untuk menghemat baterai.
7. Isi ulang sebelum benar-benar habis
Isi ulang baterai Anda cukup sering. Mengisi ulang ponsel pintar Anda ketika baterai hampir habis akan membuat baterai melakukan lebih banyak kerja, dan mengurangi daya tahan baterai. Isi ulang baterai Anda ketika sudah mencapai angka 40%, bukan 10%. (CNN/Huffingtonpost/ms/kabar24/K46).

0 komentar:

Posting Komentar